Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Coding Di Android

Update :
nafasmedia | Halo semua, apa kalian suka bermain dengan kode pemrograman seperti html,javascript,php? atau saat ini kalian ingin mempelajari hal tersebut.


Mungkin kalian bingung harus dimulai dari mana, belajar pemrograman itu harus memiliki lingkungan pengembangan yang memadai salah satunya sebuah laptop atau pc. tidak hanya membutuhkan laptop saja, kalian juga harus memiliki sebuah aplikasi atau software untuk menuliskan kode pemrograman tersbut.

Namun masalahnya kalian sendiri tidak memiliki sebuah laptop atau pc. karena hal itu tidak banyak dari kalian pupus harapan untuk belajar pemrograman karena tidak memiliki hal yang saya sebutkan diatas.

Tenang jangan berkecil hati kalian masih bisa belajar pemrograman hanya menggunakan smarthphone kalian. Iya smarthphone yang sering kalian bawa dan bermain game disaat waktu luang itu. 

Maka dari itu disini saya akan memberikan Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Coding atau Belajar Pemrograman Di Android, jika penasaran silahkan simak artikel ini sampai habis.

1. Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile

tampilan awal Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile- nafasmedia

Yang pertama bernama Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile. sebenarnya ini adalah aplikasi untuk coding diandroid yang saya sangat suka dibanding aplikasi lain yang saya rekomendasikan diartikel ini.

Karena aplikasi ini memiliki tampilan UI yang sangat keren,menarik dan terlihat lebih modern dibanding aplikasi coding diandroid lainnya.

Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile - nafasmedia

Namun yang saya tidak suka adalah kita hanya dibatasi untuk membuat file tidak lebih dari 200MB, jadi jika kalian sudah membuat file dan sudah melebihi 200MB, maka kalian diharuskan untuk mengupgrade penyimpanan.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah support bermacam macam kode pemrograman sepert html,css,javascript,ruby,c++,python dan masih banyak lagi.

Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile - nafasmedia

Tidak hanya itu, kalian akan dibekali aplikasi Dcoder keyboard khusus untuk menggunakan aplikasi ini, mungkin masih banyak lagi fitur fitu keren lainnya yang belum saya ketahui, 
maka dari itu silahkan kalian download dan berexplorasi sendiri.

Untuk mendownload silahkan kunjungi Google Play Store dan cari dengan kata kunci "Dcoder, Compiler IDE" atau silahkan tekan saja link disamping Dcoder, Compiler IDE :Code & Programming on mobile


2. anWriter free HTML editor


Tampilan coding anWriter free HTML editor - nafasmedia

Yang kedua adalah  anWriter free HTML editor. Ini adalah aplikasi coding diandroid pertama yang saya coba, saat itu pada tahun 2018, waktu dimana saya suka dengan kode pemrograman, hanya saja saya hanya bermain main template blogger.

Dan selama 2018 hingga saya sudah memilki sebuah laptop, aplikasi inilah yang masih menemani saya untuk mengutak atik template blogger. fitur pada aplikasi ini juga sangat menarik. dan tampilan pada aplikasi ini cukup sederhana.

anWriter free HTML editor - nafasmedia

Menurut saya aplikasi ini masih kalah banyak fitur dengan aplikasi lain yang saya rekomendasikan pada artilkel ini. Karena saya sudah merasa nyaman dengan aplikasi ini maka saya tempatkan aplikasi ini pada urutan ke 2.

anWriter free HTML editor - nafasmedia

AnWriter free HTML editor memilki rating 4,4 dan review yang positif dari banyak orang, dibandingkan dengan Dcoder saya lebih menyukai aplikasi ini untuk coding di android.

Untuk mendownload silahkan kunjungi Google Play Store dan cari dengan kata kunci "anWriter free" atau silahkan tekan saja link disamping anWriter free HTML editor.


3. Acode - powerful code editor


Tampilan Acode - powerful code editor - nafasmedia

Aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan adalah Acode - powerful code editor. aplikasi yang satu ini kaya dengan fitur, fitur yang saya sukai adalah fitur console, layaknya fitur yang ada di aplikasi Google Chrome saat inspect elemen dijalankan.

Tampilan console Acode - powerful code editor - nafasmedia

Dan fitur seperti pada aplikasi sublime text pada pc yang bisa membuka folder file pada sidebar, fitur ini sangat membantu bagi kalian yang malas bolak balik membuka folder atau file dari aplikasi, dengan fitur ini kalian bisa membuka 1 folder atau file sekaligus.

Tampilan coding Acode - powerful code editor - nafasmedia

Saya sebenernya belum pernah mencoba aplikasi ini karena 1 kekurangan terletak pada perangkat smartphone saya yang tidak support untuk menginstal aplikasi Acode - powerful code editor ini. saat ini sistem operasi smartphone saya masih berada di versi 4.4.2 atau kitkat.

Saya tau fitur didalam aplikasi ini karena sedikit review seseorang dari media sosial dan sedikit menonton preview dari video yang ada di Google Play Store

Untuk mendownload silahkan kunjungi Google Play Store dan cari dengan kata kunci "Acode - powerful code editor" atau silahkan tekan saja link disamping Acode - powerful code editor.


Well kalian pilih yang mana? dari semua aplikasi diatas semua memilki kekurangan dan kelebihan dan ingat dari semua aplikasi diatas adalah rekomendasi dari saya bukan dari orang lain.

Mungkin masih banyak aplikasi coding diandroid yang bisa kalian coba seperti Spck Code Editor / JS Sandbox / Git Client. dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang boleh kalian coba.

Silahkan berexplorasi di Google Play Store mencoba satu persatu aplikasi coding di android dan jika ketemu jangan lupa tulis di kolom komentar dibawah hehe.

Mungkin itu saja dari saya semoga bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa dinext artikel

0 Comments